readbud - get paid to read and rate articles

Selasa, 03 Maret 2009

Merangkai Robot Canggih Sambil Bermain

robotig.blogspot.com- Hampir semua anak laki-laki suka robot, di Jember, Jawa Timur ada sebuah sekolah khusus mengajarkan cara merangkai robot dan ternyata sangat sederhana. Tidak memerlukan kecerdasan khusus untuk melakukannya.

Seperti inilah suasana di salah satu lembaga sekolah merangkai robot dikawasan Jalan WR Supratman, Jember. Tiap hari usai pulang sekolah, puluhan anak usia Sekolah Dasar ini tampak antusias bermain sambil belajar merangkai beragam robot yang canggih. Layaknya dilakukan para profesor pencipta robot.

Suasana pembelajaran yang santai sambil bermain ditambah daya imajimasi dan kreasi anak yang masih segar membuat anak-anak ini cepat menyerap instruksi yang diberikan oleh para instruktur. Sehingga untuk merangkai beragam robot canggih yang secara mekanis sama dengan robot sungguhan ini tidaklah terlalu sulit. Tentu saja sambil melihat gambar panduan yang telah ada.

Anak-anak ini sangat bersemangat merangkai satu persatu balok plastik kemudian dihubungkan dengan mesin pengerak yang bahan bakar bateri maupun listrik. Beragam robot canggih seperti robot pengergaji kayu, robot sensor cahaya, robot pencetak minuman kaleng hingga robot yang dikendalikan dengan perangkat komputer dapat dirangkai dengan cepat.

"Saya senang bisa belajar merangkai robot dan kini sudah bisa merangkai robot sekitar 20 buah" tutur Dio. Meski sebagian besar bahan robot ini terbuat dari plastik dan bukan logam, namun secara mekanis teknologi yang digunakan sama seperti dengan robot sesungguhnya.

Sementara itu, Totok, salah satu instruktur menjelaskan, melalui karya ini diharapkan anak semakin kreatif serta setidaknya memahami teknologi ilmu pengetahuan robot sedini mungkin.