readbud - get paid to read and rate articles

Minggu, 08 Februari 2009

Membuat Robot SMS Cuma Butuh Biaya 100 Ribu

suarasurabaya.net| Cukup mengeluarkan dana seratus ribu rupiah saja, sebuah robot yang digerakkan melalui Short Message Service (SMS), dikatakan IHYAUDIN, dapat dibuat. Jumat (29/02) itu dipraktekkan dalam workshop yang digelar STIKOM Surabaya.

Tentunya dana seratus ribu itu tidak termasuk Handphone yang digunakan sebagai alat pengontrol. “Seluruh komponen kita bisa beli dan dapatkan di Pasar Genteng. Total seluruhnya sekitar Rp 100 ribu. Harga itu tidak termasuk HP. Khusus komponennya saja,” tutur IHYAUDIN Asisten Pengajar Laboratorium Prodi Sistem Komputer STIKOM Surabaya.

Jumat (29/02) dalam kesempatan mengikuti IT Education Expo di Hi Tech Mall, Surabaya, STIKOM Surabaya menghadirkan seminar dan workshop secara gratis bagi masyarakat umum. Dan dalam satu diantaraagenda workshop yang digelar adalah membuat robot sederhana dengan alat pengontrol HP.

“Sebenarnya, untuk membuat robot SMS ini minimum terdapat system mikrokontroler dengan kemampuan komunikasi serial RS232, Handphone yang dapat terhubung melalui komunikasi serial RS 232, komponen pengendali motor DC, dan motor DC sebagai penggerak,” ternag AIK sapaan IHYAUDIN.

Robot akan bergerak apabila ada perintah dari SMS yang dikirimkan melalui HP yang dipasang dalam robot. Robot bergerak sesuai perintah yang sudah ada didalam program. Format program yang dipakai untuk robot disesuaikan dengan kebutuhan.

“Jika ingin membuat lebih dari sekedar bergerak kekanan kekiri atau maju mundur saja, hal itu bergantung pada memori yang digunakan didalam hanphone. Semakin banyak memori yang dipakai maka semakin kompleks juga fungsi robot tersebut,” tukas AIK saat ditemui suarasurabaya.net.

DIAN LAILA SARI staf Humas STIKOM Surabaya membenarkan, Jumat (29/02) selain seminar tentang pendidikan juga dihadirkan workshop secara cuma-cuma degan tema membuat robot sederhana. “Kita ingin mengajak masyarakat untuk mengetahui bahwa IT bisa dipelajari bahkan untuk sebuah robot juga ada yang sederhana,” papar DIAN LAILA SARI.(tok)

Teks foto:
-Robot sederhana juga bisa dipelajari. hanya 100 ribu.
Foto: TOTOK suarasurabaya.net