readbud - get paid to read and rate articles

Selasa, 10 Februari 2009

NASA Ungkap Robot Penjelajah Planet Terbaru


Axel (technology review)
Jakarta - NASA kembali sibuk mengembangkan robot angkasa untuk menjelajah dan meneliti planet-planet di masa depan. Kali ini, lembaga antariksa Amerika itu mengembangkan robot baru bernama Axel.

Meski desainnya cukup simpel, Axel punya berbagai kapabilitas yang tidak dijumpai pada robot-robot sebelumnya.

Menurut Issa A. D. Nesnas dari Jet Propulsion Laboratory NASA, Axel didesain untuk mengeksplorasi bagian-bagian planet yang belum terjamah. Robot ini dirancang dapat menjangkau bagian tersulit dari planet seperti jurang yang dalam.

"Karena Axel juga relatif ringan, hanya dalam sekali misi bisa dibawa beberapa unit. Eksplorasi pun bisa lebih agresif," papar Nesnas seperti dilansir TGDaily dan dikutip detikINET, Selasa (10/2/2009).

Axel bisa memakai tipe roda yang berbeda untuk menyambangi berbagai jenis tempat yang curam sekalipun. Di bagian tengahnya ada semacam pengungkit untuk mengambil material yang diperlukan dalam penelitian.

Berbagai fitur canggih pastinya ditautkan pada Axel, seperti kamera yang bisa berputar 360 derajat, kapabilitas komunikasi nirkabel dan sistem sensor untuk beroperasi secara mandiri.